Apa itu Live Streaming? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

apa itu live streaming

Istilah streaming sudah tidak asing lagi di era media digital seperti sekarang ini. Saat Anda melihat berbagai konten di media sosial, dengan mudah akan melihat video tersebut secara otomatis tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Lantas, apakah Anda sudah mengetahui apa itu live streaming?

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian streaming. Pertama, streaming merupakan proses transfer konten baik itu audio maupun video dalam bentuk telah dikompres via internet. Lalu dimainkan secara langsung tanpa harus melakukan download terlebih dahulu. 

Pendapat lainnya, streaming merupakan proses transfer data dari server ke host, dimana data yang dikirim mempresentasikan informasi secara langsung. Pengiriman data yang dimaksud berupa audio, video, grafik, aplikasi real time, atau web tours. 

Apa itu Live Streaming? Berikut Penjelasannya

Secara umum, streaming adalah prosedur pengiriman konten dalam bentuk audio atau video secara realtime melalui internet. Selanjutnya diputar secara live tanpa harus mengedit dan mengunduhnya dahulu. Agar bisa ditonton, pengguna tidak perlu mengunduh seluruh file secara penuh. 

Sedangkan live streaming merupakan penyiaran konten video via internet yang disiarkan secara realtime melalui platform tertentu. Misalnya saja YouTube, Twitch, Facebook, Instagram, apliakasi streaming dan lain sebagainya. 

Jadi, konten yang terkirim saat merekamnya langsung akan memudahkan pemirsa melihat atau mendengarkan secara live. Kebanyakan kegiatan live streaming ini melalui multicasting

Sangat berbeda dengan tayangan yang ada di TV, multicast khusus akan mentransfer konten kepada pengguna yang telah memilih untuk menonton atau mendengarkan streaming. 

Metode seperti ini sangat cepat untuk mentransmisikan berbagai konten ke beberapa tempat sekaligus. Biasanya arti streaming video mengarah pada prerecorded streaming, yaitu sebuah perekaman terlebih dahulu dalam bentuk file. Kemudian mengunggahnya dalam layanan berbagi video supaya dapat dilihat oleh banyak orang.

Jenis-Jenis Streaming

Apabila kita melihat dari jenisnya, maka terdapat beberapa macam streaming. Pertama adalah live streaming, konsep kerjanya seperti apa itu, hampir mirip siaran langsung pada TV. Lalu pemilik konten akan melakukan aktivitas perekaman secara live dan disiarkan pada media miliknya. 

Kemudian terdapat Prerecord Streaming, jenis ini dengan menjalankan perekaman video terlebih dahulu. Selanjutnya menyimpan hasil perekaman tersebut pada media online atau media fisik. Setelah itu baru melakukan akses pada konten secara bebas. 

Untuk platform streaming biasanya terdapat Twitch dan Facebook. Berikutnya terdapat YouTube yang dapat digunakan pengguna untuk menjangkau konsumen secara real time. 

YouTube TV juga menjadi salah satu jenis streaming yang menawarkan berbagai konten, lantas apa itu keunggulannya? Kelebihannya, para pengguna dapat menikmati lebih dari 30 channel TV populer. 

Live streaming menjadi pilihan sebagian besar orang untuk menikmati berbagai konten hiburan. Hal tersebut disebabkan host dapat melihat konten apa saja tanpa harus download, bahkan tidak akan menghabiskan banyak waktu dan media penyimpanan.

Manfaat Live Streaming

Live streaming di internet mempunyai banyak kegunaan untuk para streamer dan viewers. Kemudian berbagai fitur yang beragam di setiap platform akan semakin memudahkan para pengguna. 

Setelah mengetahui apa itu live streaming, simak juga apa manfaatnya. Berikut ini kami beri ringkasannya untuk Anda.

1. Meningkatkan Popularitas 

Pada zaman dahulu, untuk memperoleh label public figure wajib terjun ke dunia pertelevisian terlebih dulu. Akan tetapi, kini bukan jamannya lagi, sebab menjadi seorang artis tidak harus masuk TV dahulu. 

Anda hanya membutuhkan konten menghibur dan bermanfaat, maka bisa langsung terkenal dimana-mana. Siarkan acara TV Anda sendiri secara live.

Ciptakan live streaming dengan konten yang sedang hangat di berbagai media sosial. Anda bisa mencoba bahasan out of the box yang pernah diunggah siapapun. 

Buatlah konten menggunakan gaya Anda sendiri. Ciptakan sesuatu yang unik dan menarik, jadi tidak harus meniru streamer lainnya.

2. Mendapatkan Keuntungan Melimpah

Pastinya setiap orang mempunyai tujuan tertentu, sehingga berusaha keras dengan menekuni sesuatu hal. Nah, live streaming ini dapat Anda manfaatkan untuk mencari banyak keuntungan. 

Bermodalkan video live streaming yang unik dan menarik maka vies YouTube di Google Adsense, meraih stars Facebook Gaming Creator, hingga mendapatkan tawaran endorse. 

Live streaming bermanfaat bagi usaha online maupun offline, apa saja itu? Ya, promosikan berbagai produk dan jasa melalui siaran di internet. 

Perlu Anda ketahui, live video streaming memiliki sifat interaktif. Jadi, secara langsung Anda dapat berinteraksi dengan pemirsa via scroll coment. 

3. Sarana Edukasi

Pada sektor pendidikan, live streaming sangat bermanfaat dalam kelancaran proses pembelajaran. Karena sekolah berganti menggunakan sistem daring. Oleh sebab itu, pemakaian streaming video semacam Zoom sangat banyak digunakan. 

Manfaat video streaming berikutnya adalah dapat melatih keterampilan berbicara. Sebab, live stream dapat Anda lakukan secara mandiri, namun bisa jadi menembus viewers hingga ribuan. 

4. Mendapatkan Relasi yang Membangun

Kegunaan dari video streaming tidak hanya untuk hiburan semata. Kelebihan lainnya, Anda bisa mendapatkan teman dan mengajaknya untuk berkolaborasi. Jika Anda kurang mampu menciptakan konten sendiri, maka bisa membuatnya bersama relasi baru. 

Dalam era kekinian, menggunakan jasa live streaming menjadi salah satu cara penyiaran yang efektif, efisien, dan membuat host atau penonton seperti terlibat langsung dengan pembuat konten. Dengan memanfaatkan live streaming akan memberikan nilai tambah agar bisa memanfaatkannya secara optimal. Cara seperti ini mampu menyiarkan tentang bisnis Anda kepada konsumen secara langsung sehingga berdampak pada usaha yang semakin berkembang.